Selasa, 07 Juli 2020

BAB VII


BAB VII
PENUTUP

5.1  Kesimpulan
Setelah dilakukan pengkajian di Dusun Cidawung RW 05/10  Desa Margacinta Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran ditemukan masalah antara lain:
a.       Ketidakefektifan pemeliharaan kesehatan berhubungan dengan ketidakmauan untuk membuat penilaian yang tepat tentang kesehatan (PHBS)
b.      Kemampuan untuk mempertahankan kesehatan berhubungan dengan kurang pengetahuan tentang penyakit rematoid arthritis dan akan pentingnya kesehatan lansia.
c.       Kurangnya pengetahuan terkait dengan ketidaktahuan dengan informasi penularan penyakit covid-19
d.      Dari masalah yang ditemukan, prioritas diagnosa keperawatannya adalah Ketidakefektifan pemeliharaan kesehatan berhubungan dengan ketidakmauan untuk membuat penilaian yang tepat tentang kesehatan (PHBS).
e.       Perencanaan asuhan keperawatan pada komunitas adalah memberikan penyuluhan tentang PHBS, rumah sehat, pada lansia diadakan penyuluhan tentang penyakit rematoid atritis dan untuk pencehagan COVID-19 diadakannya penyuluhan cuci tangan yang baik dan benar.
f.       Impelentasi yang telah dilakukan diantaranya penyuluhan – penyulhan seperti PHBS, rumah sehat, penyakit remathoid dan pencegahan COVID-19 yaitu cuci tangan yang baik dan benar.
g.       Berdasarkan hasil evaluasi, kegiatan penyuluhan tersebut berhasil dilaksanakan dengan baik dan warga turut berperan aktif.

5.2 Saran
Berdasarkan hasil kegiatan, ada beberapa saran yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Dusun Cidawung RT05/10 Desa Margacinta Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran:
1.    Puskesmas
a.       Meningkatkan kerjasama yang berkesinambungan dengan tokoh masyarakat setempat.
b.      Melibatkan peran serta kader dan masyarakat dalam setiap kegiatan yang dilakukan diwilayah kerjanya.
2.    Poskesdes
     a.     Memberikan pelayanan khusus kepada lansia
     b.    Bekerjasama dengan kader setempat untuk tetap memberdayakan kesehatan lansia di Dusun Cidawung RT05/10 Desa Margacinta Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LAPORAN PENDAHULUAN SYOK

  LAPORAN PENDAHULUAN SYOK       Diajukan untuk memenuhi tugas Program Profesi Ners angkatan XV DepartemenGawatDarurat&Kri...